Untuk melindungi kulit, memakai tabir surya saat beraktivitas outdoor = wajib , sekalipun mendung. Setiap produk tabir surya selalu mencantumkan SPF ( Sun Protection Factor , atau ukuran tingkat perlindungan tabir surya terhadap sinar UVB.

Angka SPF menunjukkan berapa lama kita aman di bawah sinar matahari tanpa membuat kulit terbakar. Misalnya nih, jika tanpa olesan tabir surya, kulit kita bisa memerah dan terbakar dalam waktu 10 menit. Tetapi bila kita memakai SPF15 maka kulit baru mulai terbakar setelah 150 menit (10 menit x 15).


Tabir surya melindungi kulit dari sinar UVB dengan dua cara, Pertama, menahan pancaran sinar dan membalikkannya. Kedua, menyerap sinar sebelum mengenai kulit. Menurut dr Yuli, kekuatan masing-masing SPF berbeda, tergantung angka yang tercantum.
- SPF15 menyerap > 92% UVB
- SPF30 menyerap > 96,7% UVB
- SPF40 menyerap > 97,5% UVB

Karena sinar UVB dianggap lebih berbahaya dari UVA, maka sebelum membeli tabir surya pastikan dahulu bahwa dapat menyerap UVA juga. Tabir surya yang mampu melindungi dari UVA biasanya mengandung bahan ecamsule, avobenzone, oxybenzone, titanium dioxide, sulisobenzone, atau zinc axide


0 Responses so far.

Posting Komentar